Bahaya Bagi si Malas Mandi

Bahaya Bagi si Malas Mandi

Bahaya Bagi si Malas Mandi

Bahaya Bagi si Malas Mandi
Bahaya Bagi si Malas Mandi

 

Berapa kali Anda mandi dalam sehari ?

Atau karena alasan buru-buru, udara dingin, mandi menjadi terasa membebankan. Sebaiknya hilangkan kebiasaan malas mandi karena ada banyak dampak buruk selain bau badan.

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat di tubuh. Hal yang terlintas di pikiran seseorang adalah badan yang kotor, bau dan dijauhkan dari lingkungan sosial seperti anggota keluarga atau teman-temannya.

Tapi ada keprihatinan yang lebih serius mengenai hal ini yaitu berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (19/5/2010) orang yang tidak mandi kemungkinan akan merasa gatal dan banyak kotoran yang melekat di tubuh, hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi.

Banyak orang tidak menyadari, tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar 2 meter kulit yang mengandung 2,6 juta kelenjar keringat yang selalu berkeringat. Selain kelenjar keringat, kulit juga ditumbuhi oleh ribuan rambut-rambut kecil dan halus.

Terdapat dua jenis kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh yaitu eccrine dan apocrine. Keringat yang keluar dari apocrine mengandung protein dan asam lemak yang membuat sesuatu menjadi menebal dan berwarna susu kekuning-kuningan. Kondisi ini juga yang menyebabkan noda di ketiak berwarna kuning. Sehingga jika seseorang tidak mandi, maka lapisan kotoran akan semakin menebal dan membuat kotoran sulit keluar dari tubuh.

Selain itu, orang yang tidak mandi beberapa hari akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh bercampurnya antara bakteri dan rambut di kulit dengan hasil metabolisme berupa protein dan asam lemak. Akibat rambut yang melekat lengket oleh keringat akan membuat tubuh lebih kotor daripada biasanya.

Kuman dan mikroorganisme lain yang berada di kulit akan sangat mudah berkembang biak dengan kondisi tubuh yang lembab. Hal ini bisa menjadi ancaman utama jika kuman tersebut tetap menempel di permukaan kulit, sehingga memudahkan seseorang menderita gatal-gatal atau kurap.

Namun jika kondisi ini lebih parah daripada sekedar gatal-gatal seperti adanya mikroorganisme staphylococcus, maka bisa berakibat fatal terutama jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Karenanya mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan seseorang. Selain itu ada juga beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan mandi ini, yaitu:

 

Mandi memberikan bantuan energi bagi tubuh.

Air gelombang yang jatuh ke kulit bisa mengeluarkan ion negatif dari tubuh dan menggantinya dengan ion positif yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

 

Mandi bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh.

Tubuh manusia mengandung banyak racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun ini tidak akan bisa keluar dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat lemak, minyak atau bahan kimia lain. Dengan mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori kulit akan hilang dan racun ditubuh bisa keluar melalui keringat.

 

Mandi bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks

Pantulan air yang jatuh ke kulit bisa menimbulkan sensasi rileksasi, kondisi ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu sebagai langkah yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga : 

Kedatangan Portugal dan perang saudara di Kerajaan Ternate

Kedatangan Portugal dan perang saudara di Kerajaan Ternate

Kedatangan Portugal dan perang saudara di Kerajaan Ternate

Kedatangan Portugal dan perang saudara di Kerajaan Ternate
Kedatangan Portugal dan perang saudara di Kerajaan Ternate

Di masa pemerintahan Sultan Bayanullah (1500-1521), Ternate semakin berkembang, rakyatnya diwajibkan berpakaian secara islami, teknik pembuatan perahu dan senjata yang diperoleh dari orang Arab dan Turki digunakan untuk memperkuat pasukan Ternate. Di masa ini pula datang orang Eropa pertama di Maluku, Loedwijk de Bartomo (Ludovico Varthema) tahun 1506.

Tahun 1512 Portugal untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Ternate

Dibawah pimpinan Fransisco Serrao, atas persetujuan sultan, Portugal diizinkan mendirikan pos dagang di Ternate. Portugal datang bukan semata-mata untuk berdagang melainkan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah, pala dan cengkih di Maluku. Untuk itu terlebih dulu mereka harus menaklukkan Ternate.

Sultan Bayanullah wafat meninggalkan pewaris-pewaris yang masih sangat belia. Janda sultan, permaisuri Nukila dan Pangeran Taruwese, adik almarhum sultan bertindak sebagai wali. Permaisuri Nukila yang asal Tidore bermaksud menyatukan Ternate dan Tidore dibawah satu mahkota yakni salah satu dari kedua puteranya, Pangeran Hidayat (kelak Sultan Dayalu) dan pangeran Abu Hayat (kelak Sultan Abu Hayat II). Sementara pangeran Tarruwese menginginkan tahta bagi dirinya sendiri.

Portugal memanfaatkan kesempatan ini dan mengadu domba keduanya hingga pecah perang saudara

Kubu permaisuri Nukila didukung Tidore sedangkan pangeran Taruwese didukung Portugal. Setelah meraih kemenangan pangeran Taruwese justru dikhianati dan dibunuh Portugal. Gubernur Portugal bertindak sebagai penasihat kerajaan dan dengan pengaruh yang dimiliki berhasil membujuk dewan kerajaan untuk mengangkat pangeran Tabariji sebagai sultan. Tetapi ketika Sultan Tabariji mulai menunjukkan sikap bermusuhan, ia difitnah dan dibuang ke Goa, India. Di sana ia dipaksa Portugal untuk menandatangani perjanjian menjadikan Ternate sebagai kerajaan Kristen dan vasal kerajaan Portugal, namun perjanjian itu ditolak mentah-mentah oleh Sultan Khairun (1534-1570).

Perlakuan Portugal terhadap saudara–saudaranya membuat Sultan Khairun geram dan bertekad mengusir Portugal dari Maluku. Tindak–tanduk bangsa Barat yang satu ini juga menimbulkan kemarahan rakyat yang akhirnya berdiri di belakang Sultan Khairun. Sejak masa sultan Bayanullah, Ternate telah menjadi salah satu dari tiga kesultanan terkuat dan pusat Islam utama di Nusantara abad ke-16 selain Aceh dan Demak setelah kejatuhan Malaka pada tahun 1511. Ketiganya membentuk Aliansi Tiga untuk membendung sepak terjang Portugal di Nusantara.

Tak ingin menjadi Malaka kedua, sultan Khairun mengobarkan perang pengusiran Portugal. Kedudukan Portugal kala itu sudah sangat kuat, selain memiliki benteng dan kantong kekuatan di seluruh Maluku mereka juga memiliki sekutu–sekutu suku pribumi yang bisa dikerahkan untuk menghadang Ternate. Dengan adanya Aceh dan Demak yang terus mengancam kedudukan Portugal di Malaka, Portugal di Maluku kesulitan mendapat bala bantuan hingga terpaksa memohon damai kepada Sultan Khairun. Secara licik gubernur Portugal, Lopez de Mesquita mengundang Sultan Khairun ke meja perundingan dan akhirnya dengan kejam membunuh sultan yang datang tanpa pengawalnya.

Pembunuhan Sultan Khairun semakin mendorong rakyat Ternate untuk menyingkirkan Portugal, bahkan seluruh Maluku kini mendukung kepemimpinan dan perjuangan Sultan Baabullah (1570-1583), pos-pos Portugal di seluruh Maluku dan wilayah timur Indonesia digempur. Setelah peperangan selama 5 tahun, akhirnya Portugal meninggalkan Maluku untuk selamanya pada tahun 1575. Di bawah pimpinan Sultan Baabullah, Ternate mencapai puncak kejayaan, wilayah membentang dari Sulawesi Utara dan Tengah di bagian barat hingga Kepulauan Marshall di bagian timur, dari Filipina Selatan di bagian utara hingga kepulauan Nusa Tenggara di bagian selatan.

Sultan Baabullah dijuluki penguasa 72 pulau

Sultan Baabullah dijuluki penguasa 72 pulau yang semuanya berpenghuni hingga menjadikan Kesultanan Ternate sebagai kerajaan Islam terbesar di Indonesia timur, di samping Aceh dan Demak yang menguasai wilayah barat dan tengah Nusantara kala itu. Periode keemasaan tiga kesultanan ini selama abad 14 dan 15 entah sengaja atau tidak dikesampingkan dalam sejarah bangsa ini padahal mereka adalah pilar pertama yang membendung kolonialisme Barat.

Baca juga artikel:

Vitamin Yang Sangat Penting Bagi Otak

Vitamin Yang Sangat Penting Bagi Otak

Vitamin, Mineral, Nutrisi, Yang Sangat Penting Bagi Otak

Vitamin Yang Sangat Penting Bagi Otak
Vitamin Yang Sangat Penting Bagi Otak

Otak adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar (1.350 cc) Dan terdiri atas (100 juta sel saraf atau neuron). Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung. Tekanan darah, Keseimbangan cairan tubuh dan dan sushu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya di percayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif, Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran yang lainya.

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang efektif memperlambatpenuaan otak.

Koenzim Q10

Koenzim Q10 hadir dalam setiap sel tubuh dan memiliki 2 fungsi utama yaitu membantu produksi energi dan merupakan antioksidan kuat.

Selenium

Selenium adalah mineral yang dalam jumlah kecil memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan.

Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang terlibat dalam berbagai proses metabolisme penting (Metabolisme glukosa, kalogen, dan asam folat), Juga terlibat dalam sintesis neurotransmitter yang penting dalam fungsi otak.

Vitamin E

Tokoferol atau vitamin E adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam kedelai, jagung, kacang tanah, biji bunga matahari, sayuran hijau, dan tomat.

 

Baca juga artikel:

Membahas Tanjung Batu Kundur, Karimun, Kepulauan Riau (KEPRI)

Membahas Tanjung Batu Kundur, Karimun, Kepulauan Riau (KEPRI)

Membahas Tanjung Batu Kundur, Karimun, Kepulauan Riau (KEPRI)

 

Membahas Tanjung Batu Kundur, Karimun, Kepulauan Riau (KEPRI)
Membahas Tanjung Batu Kundur, Karimun, Kepulauan Riau (KEPRI)

Tanjung Batu Kundur merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Penduduknya sebagian besar didominasi oleh suku melayu. Dan bahasanya pun tak jauh berbeda dengan Malaysia karena memang jaraknya dengan negeri jiran tersebut tak begitu jauh.

Cukup ditempuh selama lebih kurang dua jam dengan menggunakan ferry maka sampailah ke negaranya Siti Nurhaliza tersebut.

Pulau Kundur sangat terkenal dengan buah duriannya yang khas yang lebih dikenal dengan Durian Tanjung Batu. Karena buah ini banyak terdapat di Tanjung Batuyang merupakan pusat kotanya Pulau Kundur. Jika telah datang musimnya maka orang pun berbondong-bondong untuk mencicipinya. Durian Tanjung Batu juga dikirim untuk dijual ke kota-kota terdekat seperti Batam, Karimun, dan Tanjungpinang.

Selain terkenal dengan duriannya, Pulau Kundur juga dikenal sebagai Penghasil Timah. Pengolahan timah terletak di Daerah Prayun. Jarak antara Tanjung Batu dengan Prayun dapat ditempuh selama lebih kurang satu setengah jam perjalanan. Setiap minggu kapal-kapal pengangkut timah pulang pergi ke Pulau Bangka yang juga merupakan salah satu penghasil timah terbesar.

Kesamaan antara Pulau Kundur dengan Pulau Bangka tidak hanya pada segi sebagai penghasil timah saja, tetapi juga dari segi tekstur kotanya pun tak jauh berbeda. Termasuk tekstur pantai di Pulau Bangka yang memilik banyak bebatuan granit besar, begitu juga halnya di Pulau Kundur.

Selain bersebelahan dengan Malaysia, Pulau Kundur juga berbatasan denganSingapura. Jaraknya dapat ditempuh lebih kurang satu setengah jam perjalanan dengan menggunakan ferry. Walaupun tak semegah Pulau Batam, namun beberapa pelancong dari negeri singa tersebut tak segan untuk menyinggahi pulau ini. Kedekatan dengan kedua negara tersebut cukup mempengaruhi kondisi Pulau Kundur.

Mulai dari merk-merk makanan yang dikirim dari dua negara tersebut hingga siaran-siaran televisinya yang banyak menghiasi layar kaca disetiap rumah penduduk Pulau Kundur. Jika penduduk di Pulau Jawa hanya bisa menikmati kartunDoraemon dalam bahasa indonesia, namun masyarakat Pulau Kundur dapat menikmati kartun jepang tersebut dalam tiga versi bahasa.

Mulai dari bahasa melayu yang ditayangkan salah satu stasiun televisi Malaysia dan bahasa mandarin yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Singapura.

Pulau Kundur memang tidak sepopuler ‘kakaknya’, Pulau Batam. Namun kecintaan saya dengan tanah tempat saya tumbuh besar itu tak dapat tergantikan oleh daerah lain dimanapun. Karena segala mimpi, cita-cita, serta keceriaan masa kecil yang menyenangkan tertoreh di Pulau Kundur.

SEJARAH TANJUNG BATU KUNDUR

Tanjung batu merupakan salah satu kota yangberada dipulau kundur, walaupun hanya sebuah pulau tetapi didalamnya banyak meninggalkan sejarah masa lampau.

1. masa penjajahan belanda

pada abad ke-16, kekuasaan asing mulai masuk keindonesia dimulai dari portugis, spanyol lalu belanda. disebagian wilayah indonesia, semua kebun dikuasai oleh belanda. tapi hal itu tidak terjadi di tanjung batu. pada awal abad ke-19, berdirilah sebuah pabrik yang dipegang oleh seorang yang berkebangsaan jepang. bernamaYAMAMOTO, dengan diberi nama NAN KOKO GUNGU KAISA.

Kebun yamamoto sangat luas, kebun karetnya hingga 6 hektar, kebun pinangnya sebesar kebun pinang dan tanjung sari (sekarang). dalam satu bulan karet dan pinang yang di dapat mencapai 80 ton. oleh karena itu untuk mempermudah angkutan maka di bangunlah sebuah parit yang sekarang bernama parit jepon.

pada waktu itu penduduk pribumi diperbolehkan sekolah, sekolahnya hanya 3 kelas dan berada di depan sebuah masjid (sekarang masjid nurussalam). kemudian di pindahkan kekawasan pabrik (sekarang hotel pelangi dan prima), tepatnya di belakangnya. (sekarang kantor pos). gurunya waktu itu bernama bakar, simon dan sinaga.

mata uang yang digunakan adalah dollar singapura, oleh karena yamamoto hanya sendiri yang bukan penduduk pri bumi maka keadaan pada waktu itu sangat aman.

2. penjajahan jepang

tapi ketentraman tidak berlangsunglama, pada tahun 1941 pangkalan AL amerika di bom oleh jepang, akibatnya yamamoto kembali ke jepang dengan alasan ketentaraan. dan nan koko gungu kaisa ditutup. pada tanggal 8 maret 1942 pemerintah hindia belanda menyerah tanpa syarat kepada jepang.

Hal ini awal dari penjajahan jepang di indonesia. kemenangan jepang ini membuat yamamoto kembali ke tanjungbatu i9a mendirikan pabrik lagi dengan nama baru, NAN YO KABU KUSI KAISA. pada waktu itu tentara jepang banyak yang datang ketanjung batu, mereka datang dengan menggunakan kapal yang bernama MAYANG BETAWI.

Sewaktu tentara jepang berada di tanjung batu, mereka mendirikan markas (sekarang kantor polisi), para tentara jepang sangat kejam, mereka memancung dan mencambuk penduduk yang tidak mau tunduk kepada mereka.

Mereka juga menutup sekolah, tapi para guru tatap berusaha untuk terus mengajar, akhirnya berdirilah sekolah baru yang diberi nama SEKOLAH RAKYAT (sekarang di belakang hotel gembira). keturunan tionghoa diperboleh kan oleh tentara jepang untuk mendirikan sekolah, yang di beri nama SEKOLAH VAIVEN (sekarang SD 003 dan 004).

Kebengisan tentara jepang tidak berlangsung lama, karena pada tanggal 15 agustus 1945, jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. hingga pada tanggal 17 agustus 1945 kemerdekaan indonesia di proklamirkan. kekalahan jepang membuat yamamoto kembali ke jepang. dan pabriknya di teruskan oleh seorang keturunan tionghoa.

3. agresi militer belanda

pada tanggal 29 september 1945, terjadi pendaratan tentara sekutu di indonesia. tak lama dari itu tentara belanda sudah sampai di tanjungbatu. mereka juga mendirikan markas seperti jepang dengan lokasi yang berbeda dari markas jepang, yaitu disebuah bukit (sekarang sebuah klenteng).

Dengan dibangunnya markas belanda di bikit itu, maka sekolah rakyat yang berada di bawah bukit itu di pindahkan ketempat lain (SMEA lama/ sekarang di depan BRI).

Belajar dari pengalam pahit kekejaman tentara jepang, kali ini perlawanan rakyat mulai terjadi denagn dikomandai oleh ABDUL MANAF dan ABDUL LATIF. mereka berjuang mengusir penjajah belanda dari tanjung batu.

Tetapi abdul manaf gugur ditembak belanda. di sungai buluh (kel.alai). ia lalu dimandikan dan di sholatkan di masjid (masjid nurussalam lama). dan dimakamkan di antara kebun karet (sekarang pusara bakti).

pertempuran antara belanda dan rakyat terus terjadi, hingga akhirnya pada tanggal 23 agustus 1949 di deenhaag, diselenggarakan konfrensi meja bundar (KMB), dan pada tahun 1950 belanda keluar dari tanjung batu.keluarnya belanda ini disambut gembira oleh penduduk. dan diadakan upacara kedaulatan dilapangan (sekarang balai pemuda dan olahraga) menyambut kebebasan tanjung batu dari penjajah.

 

Baca juga artikel:

Outdoor Seru buat Kamu

Outdoor Seru buat Kamu

Outdoor Seru buat Kamu

Outdoor Seru buat Kamu
Outdoor Seru buat Kamu

Apa yang biasa kamu lakukan saat weekend ? Biasanya hangout dengan teman-teman jadi salah satu pilihan buat menghabiskan akhir pekan setelah capek berkegiatan seharian, baik itu sekolah atau kuliah. Seringnya, hangout di mall jadi pilihan paling gampang karena mall menyediakan hampir semua kebutuhan. Tapi, kadang kamu suka merasa bosan enggak, sih, sama suasana mall yang gitu-gitu aja? Belum lagi kalau weekend, mall tuh ramai banget kayak pasar.

Nah, buat kamu yang bosan nge-mall, mungkin mencoba kegiatan outdoor bersama teman-teman bisa jadi pilihan seru menghabiskan weekend. Bingung kegiatan outdoor seru apa yang bisa kamu lakukan?

1. Ikut car-free day

Kayaknya setiap kota di Indonesia pasti punya kegiatan unik satu ini, di mana ada satu jalan khusus yang ditutup dan tidak ada kendaraan bermotor yang boleh masuk, hanya pejalan kaki. Nah, karena car-free day ini biasanya hanya ada seminggu sekali, kayaknya pas banget kalau kamu dan teman-teman memanfaatkan momen ini untuk  berkegiatan outdoor sebagai gantinya nge-mall.

Kamu bisa sambil olahraga, lihat-lihat kegiatan seru yang biasanya selalu ada saat car-free day, atau sekadar jalan-jalan cantik. Dijamin kamu akan bebas dari rasa bosan, deh.

2. Piknik di taman

Mau tahu kegiatan outdoor seru lainnya yang bisa gantiin kegiatan nge-mall kamu? Piknik! Buat yang mikir kalau piknik itu so-last-year, cobain dulu serunya hangout di taman-taman kota. Sekarang sudah banyak lho taman yang bisa kamu pakai untuk piknik, bahkan sambil nonton live music.

Yang seru dari piknik itu kamu dan teman-teman bisa saling bawa makanan untuk dimakan bareng-bareng. Mau makin seru? Pakai dress code buat foto-foto dan bisa jadi stok buat update di media sosial, deh. Sekali-sekali background fotonya ganti, bukan dinding cafe melulu.

3. City tour

Sesekali cobain kegiatan outdoor seru yang sekaligus menambah wawasan kamu, Girls. Pernah coba ikutan city tour, bahkan di kota yang kamu tinggali saat ini, belum? Ikutan city tour ini seru, lho, Girls! Kamu jadi tahu spot-spot unik, ditambah belajar sejarah mengenai kota tersebut yang sebelumnya kamu enggak tahu sama sekali.

Kamu juga bisa mengunjungi museum-museum atau tempat kuliner baru yang bisa kamu referensikan ke teman-teman kamu. Seru, kan?

Kulit tetap cantik saat kegiatan outdoor

Nah, kalau kamu sudah memilih salah satu kegiatan outdoor seru untuk menggantikan agenda nge-mall kamu weekend ini, jangan sampai lupa juga untuk memerhatikan kulit kamu. Kegiatan outdoor itu akan membuat kulit kita terpapar oleh matahari lebih banyak. Jadi, sebaiknya kamu lakukan beberapa hal ini supaya kulit kamu tetap cantik saat kegiatan outdoor.

1. Pakai sunscreen

Pastikan sebelum keluar ruangan kamu sudah memakai sunscreen ya, Girls, baik di wajah maupun di tubuh. Untuk cuaca seperti Indonesia, minimal sunscreen yang kita pakai mengandung SPF 30 dan pastikan ada label PA+++, sehingga kulitmu tidak mudah terbakar matahari walau ada di luar seharian.

2. Jangan lupa kertas penyerap minyak atau oil film

Berkegiatan di luar seharian bikin kulit kita cepat berminyak. Kamu enggak mau dong wajahnya kelihatan kayak kilang minyak saat foto bareng teman-teman? Nah, supaya kulit kamu tetap bebas minyak dan tidak kelihatan kusam, siapkan Clean & Clear Oil Control Film yang mampu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kilap pada wajah dalam seketika, tanpa merusak make up kamu. Sehingga kulit bersih dari minyak tanpa kesan mengkilap kapan saja dan di mana saja.

Itu dia tips kegiatan outdoor seru buat kamu yang bosan nge-mall dan cara supaya kulit kamu tetap kece walau di luar ruangan seharian. Selamat mencoba, Girls!

Baca Juga : 

Pengertian Model Pembelajaran Karya Wisata

Pengertian Model Pembelajaran Karya Wisata

Pengertian Model Pembelajaran Karya Wisata

Pengertian Model Pembelajaran Karya Wisata

Pengertian Model Pembelajaran Karya Wisata menurut beberapa tokoh

pendidikan antara lain :
menurut Mulyasa (2005) Metode field trip atau karya wisata merupakan suatu perjalanan atau pesiar yangdilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Meskipunkarya wisata memiliki banyak hal yang bersifat non akademis, tujuan umum pendidikandapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan pengalamantentang dunia luar

Menurut checep (2008) Metode karyawisata atau widyawisata

Adalah cara penyajian dengan membawa siswamempelajari materi pelajaran di luar kelas. Karyawisata memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dapat merangsang kreativitas siswa, informasi dapat lebih luasdan aktual, siswa dapat mencari dan mengolah sendiri informasi. Tetapi karyawisatamemerlukan waktu yang panjang dan biaya, memerlukan perencanaan dan persiapan yang tidak sebentar.

Menurut Djamarah (2002). teknik karya wisata

Yang merupakan cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari ataumenyelidiki sesuatu seperti meninjau pegadaian. Banyak istilah yang dipergunakan pada metode karya wisata ini, seperti widya wisata, study tour, dan sebagainya. Karya wisata ada yang dalam waktu singkat, dan ada pula yang dalam waktu beberapa hari atau waktu panjang

Menurut Roestiyah (2001) karya wisata bukan sekedar rekreasi

Tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannyadengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil,

Tokoh serba ada, dan sebagainya. Langkah – langkah

yang harus diperhatikan dalam Metode karyawisata yaitu:  Dengan metode karyawisata, guru mengajak siswa ke suatu tempat (objek) tertentu untuk mempelajari sesuatu dalam rangka suatu pelajaran di sekolah. Berbeda dengan darmawisata, disini para siswa sekedar pergi ke suatu tempat untuk rekreasi. Metode karyawisata berguna bagisiswa untuk membantu mereka memahami kehidupan riil dalam lingkungan beserta segala masalahnya .

Misalnya, siswa diajak ke museum, kantor, percetakan, bank, pengadilan, atau kesuatu tempat yang mengandung nilai sejarah/kebudayaan tertentu.Agar penggunaan teknik karya wisata dapat efektif, maka pelaksanaannya perlumemeperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:

Persiapan Dalam merencanakan tujuan karyawisata, guru perlu

Menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, mempertimbangkan pemilihan teknik, menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya, penyusunan rencana yang masak, membagi tugas-tugas, mempersiapkan sarana, pembagian siswa dalam kelompok,serta mengirim utusanUntuk menetapkan tujuan ini ditunjuk suatu panitia dibawah bimbingan guru, untuk mengadakan survei ke obyek yang dituju.

Dalam kunjungan pendahuluan ini sudah harus diperoleh data tentang objek antara lain tentang lokasi, aspek-aspek yang dipelajari, jalan yang ditempuh, penginapan, makan dan biaya transportasi, bila objek yang dituju jauh. dimana.
Perencanaan Hasil kunjungan pendahuluan (survei) dibicarakan bersama dalam rangka menyusun perencanaan yang meliputi: tujuan karyawisata, pembagian objek sesuai dengan tujuan, jenis objek sesuai dengan tujuan, jenis objek serta jumlah siswa.

Dibentuk panitia secara lengkap

Termasuk ketua tiap kelompok/seksi.  Menentukan metode mengumpulkan data, mungkin berwujud wawancara, pengamatan langsung, dokumentasi.
Penyusunan acara selama karyawisata berlangsung.Kepada para siswa harus ditanamkan disiplin dalam mentaati jadwal yang telahdirencanakan sehingga pelaksanaan berjalan lancar sesuai dengan rencana.  Mengurus perizinan.
Menentukan biaya, penginapan, konsumsi serta peralatan yang diperlukan.

Baca Juga : 

Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam

Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam

Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam

Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam
Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam

Berapa total waktu tidurmu semalam? 8 jam? 6 jam? Atau bahkan kurang dari 4 jam? Kalau memang belakangan ini kamu sedang kurang, mungkin itu yang jadi penyebab utama mengapa akhir-akhir ini kulit wajahmu lebih kusam.

Pada dasarnya, saat kita tidur, tubuh kita seperti sedang di-reset, mulai dari organ dalam, sampai kulit bagian terluar. Jadi ketika kamu tidur, sebenarnya kulit kamu sedang memperbaiki setiap jaringan sel dan mengalami regenerasi. Nah, sekarang bayangkan kalau kamu kurang tidur, otomatis waktu untuk regenerasi menjadi lebih pendek sehingga hasilnya pun tidak optimal.

Regenerasi yang tidak optimal inilah yang membuat kantung mata menggelap, kulit terlihat lebih pucat, kering, dehidrasi, bahkan bisa membuat produksi minyak di wajah jadi berlebih. Hasilnya, wajahmu terlihat lebih kusam dari biasanya.

Menurut National Health Service dari Inggris, waktu tidur yang tepat untuk remaja itu antara 8-9 jam setiap harinya. Jadi, kalau waktu tidur kamu masih di bawah itu, ada baiknya diperbaiki.

Tapi selain kurang tidur, kira-kira apa lagi ya yang bisa bikin wajah lebih kusam?

Radikal bebas

Radikal bebas bisa berasal dari debu jalanan, asap rokok, serta sinar ultra violet dari matahari. Radikal bebas inilah yang bisa merusak kolagen dan mengganggu produksi pigmentasi kulit, sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah dan skin tone yang tidak merata. Alhasil, wajah terlihat lebih kusam, deh.

Makanan yang kurang sehat

Kalau kamu masih lebih sering makan gorengan, fast food, juga junk food, sebaiknya kamu kurangi mulai sekarang, karena makanan yang kurang sehat bisa jadi penyebab kulit jadi lebih kusam, Girls!

Sayur dan buah mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas, asap rokok, polusi, dan sinar ultraviolet penyebab penuaan dini. Brokoli, wortel, pepaya, dan bayam bisa jadi pilihan buah dan sayur yang bisa kamu makan setiap hari.

Kulit dehidrasi

Salah satu ciri kulit yang dehidrasi adalah kulit terasa lebih ketarik dan kering. Selain karena kurang tidur, kurang mengonsumsi air mineral juga bisa jadi penyebab kulit mengalami dehidrasi, sehingga terlihat lebih lelah dan kusam. Sebaliknya, kulit yang terhidrasi dengan baik akan jadi lebih lembap, plumpy, dan segar.

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup, yaitu 8 gelas sehari, dan juga menggunakan pelembap yang tepat untuk kulit remaja.

Sel kulit mati menumpuk

Faktor lain yang bikin kulit lebih kusam adalah sel kulit mati yang menumpuk dan tidak tereksfoliasi dengan baik. Penumpukan sel kulit mati dapat terjadi karena proses pembersihan wajah yang kurang maksimal, sehingga sisa-sisa kotoran dari polusi udara, minyak berlebih, atau makeup masih tertinggal. Sisa kotoran dan minyak ini menghambat proses regenerasi kulit secara alami. Akibatnya, sel kulit mati menumpuk dan kulit kita akan terlihat abu-abu dan kusam.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada Clean & Clear Fruit Essential Brightening Lemon yang memiliki teknologi Bursting Beads, dipadukan dengan Natural Lemon Extracts yang kaya akan vitamin C untuk bantu mencerahkan kulit.

Clean & Clear Fruit Essentials Brightening Lemon memiliki formula anti-bakteri yang bantu cegah masalah umum pada kulit, antara lain kulit kusam, minyak, dan jerawat, serta membersihkan kotoran di wajah secara menyeluruh tanpa bikin kulit kering.

Jadi kulit kamu akan jadi lebih bersih, terlihat ekstra segar, dan berseri, Girls! Dan yang pasti, bye-bye, kulit kusam!

Sumber : http://www.ngegas.com/