Kendala Discovery Learning
Posted in: Pendidikan

Kendala Discovery Learning

Kendala Discovery Learning

Kendala Discovery Learning

Metode Discovery Learning sebagai sebuah teori belajar dapat didefinisikan sebagai belajar yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan untuk mengorganisasi sendiri.Jadi disini guru hanya memberikan materi dasar atau bahan dasar tentang apa yg nantinya akan dipelajari siswa,setelah itu siswalah yg harus menegmbangkan materi tersebut,discovery learning ini berpusat pada siswa,bukan pada guru.


Namun dalam penggunaan discovery Learning ini,pasti ada kendala-kendala yg ditemui baik oleh siswa maupun oleh guru, Misalnya :

  1. Dalam penerapannya siswa harus mempunyai kesiapan mental,apabila siswa dalam pembelajaran tersebut tidak memiliki kesiapan mental yang baik,maka kesulitan bagi siswa tersebut untuk menerapkan/menggunakan discovery learning ini
  2. Apabila dalam 1 kelas tersebut memiliki jumlah siswa yang banyak atau memiliki kelas yg besar maka penggunaan teknik discovery learning ini tidak akan berhasil
  3. Kendala yang paling berpengaruh adalah apabila guru dan siswa ini sudah terbiasa menggunakan teknik pengajaran atau pembelajaran secara tradisional,maka sangat sulit bagi mereka untuk menggunakan discovery learning ini
  4. Juga dalam tekhnik ini menghambat siswa untuk berpikir secara kreatif
  5. Dalam suatu pembelajaran,tidak semua topik yang bisa menggunakan metode discovery learning ini,misalnya opik-topik yang berhubungan dengan prinsip dapat dikembangkan dengan Model Penemuan Terbimbing.

Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning

Penggunaan tekhnok discovery ini adalah guru berusaha meningkatkabn aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Roestiyah(1998,20).Maka teknik ini memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Teknik ini mampu membantu siswa untuk mengembangkan,memperbanyak kesiapan serta penguasaan keterampilan dalam psroses kognitif/pengenalan siswa
  2. Siswa memperoleh pengetahuan yang bersifat sangat pribadi/individual sehingga dapat kokoh/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut
  3. Dapat membangkitkan kegairahan belajar para siswa
  4. Mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan masing-masing
  5. Mampu mengarahkan cara siswa belajar,sehingga lebih memiliki motivasi yang kuat untuk belajar lebih giat
  6. Membantu siswa untuk memperkuat dan menambah kepercayaan pada diri sendiri dengan proses penemuan sendiri
  7. Strategi itu berpusat pada siswa,tidak pada guru.Guru hanya sebagai teman belajar saja,membantu bila diperlukan

Walau demikian, masih ada pula kelemahan yg perlu diperhatikan ialah:

  • Pada siswa harus ada kesiapan dan kematangan mental untuk cara belajar ini.Siswa harus berani dan berkeinginan untuk mengetahui keadaan sekitarnya dengan baik
  • Bila kelas terlalu besar penguunaan teknik ini akan kurang berhasil
  • Bagi guru dan siswa yang sudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional mungkin akan sempat kecewa bila diganti dengan teknik ini
  • Dengan teknik ini ada yang berpendapat bahwa proses mental ini trelalu mementingkan proses pengertian saja, kurang memperhatikan perkembangan/pembentukan sikap dan keterampilan bagi siswa
  • Tidak memberika  kesempatan berpikir secara kreatif.

Sumber: https://www.loljam.com/high-speed-apk/