KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI KUNCI MANAJEMEN STRATEGI
Posted in: Pendidikan

KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI KUNCI MANAJEMEN STRATEGI

KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI KUNCI MANAJEMEN STRATEGI

KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI KUNCI MANAJEMEN STRATEGI

Keunggulan kompetisi adalah sesuatu kelebihan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan namun tak dimiliki oleh perusahaan kompetitor. Key success factor bisa menjadi keunggulan kompetisi bagi perusahaan. Hal ini dapat menjadikan perusahaan memperoleh kesuksesan dalam jangka waktu yang panjang.

Mempertahankan keunggulan kompetisi ini merupakan hal dasar yang perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan sehingga strategi yang nantinya dirumuskan perusahaan dapat berhasil dan berbuah pada kesuksesan.
Menurut pakar strategi, terdapat tiga alternatif model untuk mendapatkan keunggulan kompetisi, yaitu:

1. MODEL ORGANISASI-INDUSTRI (I/O)

Model ini lebih fokus pada struktur industri atau daya tarik lingkungan eksternal, bukan internal. Untuk mendapatkan competitive advantages yang tepat, perusahaan harus lebih memperdalam analisanya terhadap lingkungan eksternal, serta untuk mempertahankan keunggulan kompetisi harus selalu mengikuti perkembangan lingkungan eksternal.

2. MODEL BERBASIS SUMBER DAYA (RBV)

Jenis model ini lebih memfokuskan pada pengembangan dan perolehan sumber daya serta kapabilitas yang berharga, dan sulit ditiru oleh pesaing. Perusahaan harus memperdalam Analisa terhadap lingkungan internal agar keunggulan kompetisi perusahaan tetap terjaga.

3. MODEL GERILYA

Model ini menekankan bahwa para pembuat keputusan strategi memahami bahwa lingkungan eksternal begitu kacau dengan perubahan yang cepat dan radikal. Hal ini dapat mengganggu keunggulan kompetitif yang tercipta, sehingga model ini juga mengajak pembuat keputusan untuk berfikir berapa lama keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan.

Untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya,perusahaan harus bisa memprediksi perubahan-perubahan yang terjadi.

Keunggulan kompetisi akan menjadi nilai bagi perusahaan, nilai ini akan dijadikan value statement yang disebarluaskan kepada masyarakat. Nilai yang baik seharusnya tidak hanya menjadi statement saja yang disebarluaskan pada masyarakat, akan tetapi juga menjadi dasar perilaku bagi manajemen dan karyawan perusahaan.

Mencari keunggulan kompetisi merupakan hal yang penting mengingat value tersebut nanti yang akan digunakan sebagai dasar dalam penetuan berbagai strategi yang akan ditetapkan.


Sumber: https://mayrhofen-harakiri.com/rom-toolbox-pro-apk/