Posted in: Pendidikan

 Konsep Belajar Konstukvisme

 Konsep Belajar Konstukvisme

1)      Pandangan Konstrukvisme tentang belajar

Pendekatan konstuvistik dalam belajar dan pembelajaran didasarkan pada perpaduan antara beberapa penelitian dalam psikologi kognitif dan psikologi sosial, sebagaimana teknik – teknik dalam modifikasi perilaku yang didasarkan pada teori operant conditioning dalam psikologi behavioral. Konstrukvisme memahami hakikat belajar sebagai kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan cara mencoba memberi makna pada pengetahuan dengan cara mencoba memberi makna pada pengetahuan sesuai pengalamanya.

2)      Strategi Belajar Konstrukvisme

  1. a)Top-down processing. Siswa belajar dimulai dari masalah yang kompleks untuk dipecahkan, kemudian menghasilkan atau menemukan keterampilan yang dibutuhkan.
  2. b)Cooperative learning, yaitu strategi yang digunakan untuk proses belajar, dimana siswa akan lebih mudah menemukan secara komprehensip.dalam strategi ini siswa belajar dalam pasangan-pasangan atau kelompok untuk saling memcahkan masalah.
  3. c)Generative learning, strategi ini menenkankan pada intregrasi yang aktif antara materi atau pengetahuan.

3)      Model-model pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip konstrukvisme

  1. a)Discovery Learning ( Jerone Bruner ) siswa didorong untuk belajar dengan diri mereka sendiri. Siswa belajar melalui aktif, guru mendorong siswanuntuk mempunyai pengalaman-pengalaman.
  2. b)Active learning , adalah pembelajaran aktif.
  3. c)Quantum learning, adalah cara pengubahan bermacam-macam interaksi, hubungan, dan inspirasi yang ada  di dalam dan di sekitar momen belajar.
  4. d)Contextual teaching and learning ( CTL ), adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkanya.
  5. Pandangan Humanism Tentang Belajar

Dalam prinsip aliran ini salah satu ide yang penting dalam ide humanistic adalah siswa

 

sumber :

https://poekickstarter.com/minecraft-apk/