Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas
Posted in: Pendidikan

Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas

Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas

Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas

Ruang lingkup fisik merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen pengelolaan kelas. Menurut UNISA (2006:34) “Mengelola lingkungan fisik merupakan cara pendidik mengatur kelas dalam mengkomunikasikan pesan atau harapannya tentang bagaimana ruangan harus digunakan.” Oleh karena itu, dalam mengatur atau menggunakan ruang fisik diperlukan perencanaan yang matang dan menggunakan strategi penataan yang tepat. Karena jika tidak demikian dapat membuat perbedaan yang cukup besar dalam perilaku kelas.

Pada umumnya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan sekelompok peserta didik di dalam ruangan yang disebut ruang kelas. Kelas sebagai salah satu prasarana sekolah yang memiliki berbagai sarana seperti, meja, kursi, LCD proyektor, papan tulis, serta sarana lainnya.

Kesemua yang ada di kelas memiliki pengaruh terhadap kondisi kelas dan juga motivasi belajar peserta didik. Jika tata ruang kelas semrawut, maka dapat mempengaruhi suasana hati peserta didik serta dapat membuat peserta didik kurang berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan sebaliknya, jika kelas dapat ditata dengan baik oleh guru sebagai seorang manajer kelas, kelas dapat menjadi sebuah tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengaturan kelas yang baik harus dilakukan oleh guru jika ia menginginkan kelas yang kondusif untuk belajar. Namun masalahnya disadari ataupun tidak, tidak semua guru mau dan mampu mengatur ataupun menata ruang kelasnya.

Agar mau melakukan pengaturan ruang kelas tersebut, harus ditanamkan pada diri guru akan arti penting pengaturan ruang kelas dalam kegiatan belajar mengajar. Supaya guru bisa menjadi seorang manajer yang mampu mengatur ruang kelasnya menjadi kelas yang kondusif, maka ia harus memiliki kemampuan dalam hal pengaturan tempat dudk peserta didik,

3

 

pengaturan media pendidikan, pengaturan tanaman, dan pengaturan tumbuhan-tumbuhan serta memberikan aroma terapi.

sumber :
https://www.thorhammer.co.id/redden-apk/